Pilihan untuk Dana Pendidikan Anak

kuliah anak2

Anak adalah masa depan. Itu sebabnya, menjadi tanggung jawab orang tua lah untuk mempersiapkan anak dalam menyongsong masa depan mereka.

Masalahnya, mempersiapkan anak tak terlepas dari pendidikan macam apa yang mereka peroleh sejak dini. Karena pendidikan adalah dasar sebelum mereka dapat mengarungi luasnya dunia nyata, lengkap dengan berbagai kesulitan.

Bagi orang tua, pendidikan anak bisa jadi merupakan persoalan yang paling penting dalam kehidupanmereka. Tak jarang orang tua rela berkorban demi pendidikan yang layak – dan baik – bagi anak-anak. Dan kendala yang dihadapi orang tua, dari generasi ke generasi, tahun ke tahun, dan terjadi di belahan mana pun di dunia ini, adalah tentang dana atau uang pendidikan.

Simak berbagai pilihan di bawah ini, yang Anda bisa ambil dalam mempersiapkan dana pendidikan anak, lengkap dengan kelebihan dan kekurangan. Ambil yang paling cocok dengan keadaan keuangan Anda, serta kenyamanan Anda dalam mengambil risiko. Kalau Anda merasa perlu memaksakan untuk mengambil risiko, upayakan risiko yang diambil terukur, bukan risiko macam berjudi.

Tabungan. Terdiri dari tabungan biasa dan tabungan pendidikan yang memiliki jangka waktu tertentu dengan jumlah setoran tetap – di beberapa bank setoran bisa dilebihkan, baik dari sisi jumlah maupun frekuensi menabung, tetapi tidak bisa kurang dari plafon setoran.

Kelebihan: Praktis, bisa memanfaatkan fasilitas setoran ATM ataupun transfer. Atau kalau mau lebih praktis lagi, gunakan fasilitas autodebet. Tabungan juga memiliki sifat fleksibel. Khusus untuk tabungan dengan jangka waktu, suku bunga lebih tingi sedikit daripada suku bunga tabungan biasa.
Kekurangan: Suku bunga tabungan relatif kecil sehingga sangat rentan tergerus inflasi dan tidak bebas pajak.

Deposito
Memiliki jangka waktu tertentu yang dapat diperhitungkan sesuai kebutuhan, seperti satu, tiga, enam bulan, atau bahkan setahun. Setelah kontrak berakhir uang dapat Anda masukan menjadi pokok tabungan, sehingga menambahkan jumlah uang awal. Selain itu, beberapa bank memiliki sistem autorevolve alias otomatis diperpanjang.

Kelebihan: Suku bunga deposito sedikit lebih baik daripada suku bunga tabungan.
Kekurangan: Umumnya dikenakan denda, bila diambil sebelum waktunya, walau ada beberapa bank yang tidak lagi mengenakan denda, bila uang diambil sebelum masa kontrak berakhir.

Asuransi Endowment
Produk asuransi jiwa yang disertai tabungan pendidikan, sehingga menjamin dana akan
turun secara bertahap atau langsung bila tertanggung meninggal dunia semasa kontrak. Itu sebabnya, jangan salah kaprah: sekalipun Anda sebagai orang tua bermaksud memberi uang pertanggungan untuk anak, tertanggung tetaplah Anda. Kalau terbalik – tertanggung adalah anak – maka dana baru cair kalau anak meninggal dunia semasa kontrak.

Kelebihan: Memberikan kepastian adanya uang pendidikan dan minus risiko kerugian,
karena murni untuk proteksi tanpa fitur investasi.
Kekurangan: Nilai uang di masa depan vs. inflasi. Selain itu, semakin tinggi uang
pertanggungan, semakin mahal pula premi.

Asuransi Unitlink
Ini adalah produk asuransi yang menggabungan antara fungsi asuransi sebagai proteksi dan fungsi tambahan sebagai investasi. Tujuannya agar premi yang Anda bayarkan dapat berkembang melebihi inflasi. Namun ingat, yang namanya risiko bukan merupakan jaminan. Yakinkan diri Anda bahwa sudah paham betul dengan hal ini, bukan sekadar lewat penjelasan agen asuransi. Tanyakan pula biaya-biaya yang timbul.

Kelebihan: Nilai uang Anda ada kemungkinan bertambah nilainya karena ada fungsi investasi.
Kekurangan: Selain soal investasi memiliki risiko merugi, umumnya unitlink mengenakan biaya yang sangat besar untuk berbagai hal. Selain itu, baik fungsi proteksi maupun asuransi, keduanya tidak bisa maksimal.

Reksadana
Reksadana adalah produk investasi yang dikelola oleh manajer investasi. Terdiri dari reksadana saham, campuran (saham dan obligasi), pendapatan tetap (obligasi dan deposito) dan pasar uang. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan – atau skala risiko – yang berbeda.

Kelebihan: Memiliki peluang untuk menghasilkan return of investment yang lebih besar daripada suku suku bunga tabungan, deposito dan asuransi endowment.
Kekurangan: Sebagai instrumen investasi, ada kemungkinan mengalami kerugian.

Investasi emas
Sifat investasinya sangat simpel: beli emas di harga rendah, jual di harga tinggi. Emas yang dimaksud adalah emas batangan atau logam mulia. Emas perhiasan juga boleh, tetapi lebih efektif emas batangan karena nir biaya atau ongkos pembuatan.

Kelebihan: Nilai emas selama ini tidak tergerus inflasi. Sangat mudah dicairkan atau dijual, dan bersifat universal.
Kekurangan: Belakangan, pasaran emas sangat volatile atau bergejolak. Bukan kondisi yang wajar, namun bila Anda membutuhkan saat ini juga, bisa merugi. Menyimpannya juga sangat merepotkan, kecuali Anda memiliki tempat penyimpanan, seperti safe deposit box.

Segera rencanakan kehidupan terbaik untuk keluarga anda, keputusan anda hari ini menentukan masa depan mereka..!

Free Consultation

Leave a comment